• Mencari Jumlah Keyword dengan Google

    Keyword adalah sebuah kata atau phrase yang digunakan netter untuk menemukan informasi secara online. Sebagai contoh si A ingin mencari informasi tentang “bisnis internet”. Maka yang dilakukan si A adalah pergi ke google dan mengetikkan “bisnis internet”. Selang beberapa detik google akan menyajikan informasi tentang “bisnis internet”. Disini bisa dilihat bahwa keyword memegang peranan penting dalam agen pemasaran blog/toko online kita. :victory:

    Lalu bagaimana keyword tersebut bekerja?

    Peran keyword sangat berkaitan dengan metode mesin pencari dalam mencari informasi. Ada beberapa metode yang digunakan mesin pencari dalam memilih dan memilah informasi. Apapun metode yang digunakan mesin pencari, yang pasti adalah mesin pencari tersebut mencari keyword didalam databasenya. Untuk itulah kita mesti submit atau mendaftarkan blog atau website kita ke mesin pencari supaya diindex. Metode yang lagi ngetren yang digunakan google dan yahoo sekarang ini adalah mencari keyword didalam kontent blog. :peace:

    Keyword dalam blog kita akan diindex mesin pencari dan disimpan dalam database. Sehingga bila si A mencari keyword tersebut, google atau yahoo tinggal menyajikan blog/website terkait. Sehingga muncul anggapan bahwa tidak semua hasil pencarian google dan yahoo benar-benar akurat. Hal ini bisa dipengaruhi oleh layanan iklan, bahasa, dll. Pun demikian penggunaan keyword dalam blog kita tetap bisa mendongkrak popularitas blog. :coins:

    Lantas bagaimana caranya mencari keyword?

    Yang perlu dilakukan adalah melakukan riset keyword. Maksudnya, mencari demand atas keyword dan membandingkannya dengan supply yang ada. Caranya adalah menggunakan Keyword Suggestion Tool. Sekarang ini banyak alat tersebut yang dijual, tetapi bagi yang kantongnya tipis, saya sarankan menggunakan yang gratis saja seperti produk google, yaitu: keywordtoolexternal. :star:

    Dengan keywordtoolexternal rekan-rekan bisa mencari keyword yang dibutuhkan si pencari informasi dengan jumlah saingan/penyedia informasi yang masih sedikit. Pertama, carilah keyword utama untuk dijadikan tema global blog. Keyword ini kemudian dimasukkan ke dalam title tag, meta discription tag dan keyword tag. Kedua, carilah keyword atau frasa keyword untuk dijadikan tema dalam setiap konten blog. Keyword ini kemudian dimunculkan dalam judul konten dan disebar dalam body konten secara proporsional (jangan sampai dikira spam dan hati-hati terhadap kesalahan ketik keyword). :skeleton:

    Cara mengoperasikan keywordtoolexternal sangatlah mudah, yaitu:

    • Tentukan keyword tersebut dalam bahasa apa? Dengan cara mengedit “Results are tailored to“. Target bahasa dan lokasi kita gunakan untuk target pasar/market blog kita.
    • Tentukan keyword yang akan dicari, apakah berasal dari ide kita atau dari blog/website lain sebagai inspirasi? Caranya pilih antara “Descriptive words or phrases” atau “Website content“. Jika memilih ”Descriptive words or phrases”, silahkan ketikkan keyword yang dimaksud. Jika keyword lebih dari satu maka tekan enter, taruh dibawahnya. Adapun jika memilih ”Website content”, maka silahkan masukkan alamat url website yang dimaksud. ”Website content” juga bisa kita pakai untuk menganalisis blog/website kita sendiri, apakah keywordnya sudah muncul atau belum.
    • Lalu masukkan kode verifikasi dan tekan “Get keyword ideas“.


    Sekarang muncullah Keywords (ide-ide keyword), Advertiser Competition (jumlah kompetitor yang menggunakan keyword tersebut), Approx Search Volume: Last Month (rata-rata jumlah pencarian keyword dalam bulan terakhir), dan Approx Avg Search Volume (rata-rata jumlah pencarian keyword selama ini). Untuk Advertiser Competition tidak ditunjukkan angka pastinya, karena memang tidak ada kepastian, yang ada hanyalah “anggapan” atau “kira-kira”. Untuk mengatasi hal ini, rekan-rekan bisa mengeceknya di Google dan mengetikkan keyword yang dimaksud. Kemudian lihatlah pada “Results … about … for …” pada pojok kanan atas. :skywalker:

    Saran saya, carilah keyword yang unik, biasanya berbentuk frasa. Keyword tersebut juga banyak dicari, tetapi jumlah kompetitornya masih jarang atau sedikit. Bagaimana? mudahkan… ?:-)

  • 1 comments:

    Cheap Trainings said...

    Dear,
    Thank for the information. Keep blogging.

    GET A FREE QUOTE NOW

    Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna aliquam erat volutpat.

    Powered by Blogger.
    ADDRESS

    4759, NY 10011 Abia Martin Drive, Huston

    EMAIL

    contact-support@mail.com
    another@mail.com

    TELEPHONE

    +201 478 9800
    +501 478 9800

    MOBILE

    0177 7536213 44,
    017 775362 13